Jumat, 27 Februari 2015

Cara Membuat File *.LRC

Seperti yang sudah saya janjikan pada postingan sebelumnya, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat file *.lrc.

Sedikit saya jelaskan terlebih dahulu, bahwa file *.lrc ini adalah file yang berisi lirik lagu untuk ditampilkan pada media player seperti winamp di komputer/laptop, atau juga bisa diaplikasikan pada beberapa media player mp3 portable yang mendukungnya.

berikut langkah-langkah membuat file *.lrc :

1. Pertama download dulu software Lrc Editor Disini

2. Setelah di download, install software tersebut.

3. Setelah proses instalasi selesai, buka winamp.

Pada software lrc editor tersebut disertakan juga plug-in lyric show seperti plug-in yang sudah saya jelaskan pada postingan sebelumnya, jadi jika kamu sudah melakukan instalasi seperti postingan saya sebelumnya berarti plug-in bawaan lrc editor ini tidak diperlukan lagi, lebih baik dihapus aja. caranya begini : setelah kita buka winamp, tekan Ctrl + P untuk membuka ke jendela "Winamp Preferences" kemudian pilih "General Purpose" pada tree Plug-ins. lalu pilih "Lyricshow! for Winamp Plug-in (gen_lyricsshow.dll)" kemudian klik tombol "Uninstall selected plug-in" yang ada dibawah.



4. Untuk membuat file *.lrc, buka program Lrc Editor4 yang sudah kamu install tadi, dari menu start - All Programs - LyricShow for Winamp - Lrc Editor4.

5. Kemudian pada bagian sebelah kanan adalah tempat dimana lirik berada, kamu bisa mengetik liriknya disitu, atau kalau mau lebih simpel cari dulu liriknya di situs-situs yang menyediakan lirik favoritmu, copy paste-kan disitu.



6. Setelah liriknya tersedia, sekarang tinggal mengatur timing/waktu tampilan lirik tersebut sesuai dengan yang sedang diucapkan si penyanyi.
mainkan lagunya di Winamp, kemudian ikuti lagu tersebut dengan memperhatikan liriknya di Lrc Editor, untuk mengatur/meletakkan waktunya klik tombol warna hijau, untuk menghapusnya klik tombol merah. sesuaikan sendiri menurut selera kamu.

7. Setelah selesai, simpan File - Save. kemudian beri nama sesuai dengan nama file lagu/mp3 yang kamu buat tadi, ingat.. jangan sampai beda, kalau beda nanti liriknya gak muncul di Winamp :) (contoh lagu: Norah Jones - Love Me Tender.mp3, maka file liriknya: Norah Jones - Love Me Tender.LRC)
dan ingat juga simpan file *.LRC tersebut di folder yang sama dengan file lagu/mp3/audio yg dimaksud.


8. Sebagai contoh untuk kamu coba, berikut saya beri sebuah file lagu dari band lokal bernama Spinach Popeye berjudul "Masyarakat" dalam format mp3 dan file lrc nya. klik disini untuk mp3, dan disini untuk lrc nya.

9. Selesai sudah. jika ada pertanyaan, tinggalkan pesan :) semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar