Rabu, 25 Februari 2015

Tips dan Trik Cara Menampilkan Lirik di Winamp

Hallo, Para pembaca sekalian. selamat datang di blog saya. pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips tentang cara menampilkan lirik di winamp.

Bagi para pengguna Komputer PC atau Laptop, siapa yang tidak mengenal Winamp, aplikasi populer yang pada dasarnya berfungsi untuk memutar file audio / musik dan juga video. tentunya kamu yang hobi mendengarkan musik pastinya memilik banyak koleksi lagu di kompie kamu.
Terkadang, sambil mendengarkan lagu favorit di winamp, kita penasaran juga ingin melihat atau mengikuti liriknya sambil ikut bersenandung, ya seperti tampilan di display karaoke :) . pada dasarnya winamp juga menyediakan fungsi tersebut dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.
berikut tips dari saya.

1. Pertama buka winamp. jika belum ada. download di www.winamp.com kemudian install.

2. Untuk menampilkan lirik di winamp, download aplikasinya/Plug-in Disini kemudian install.
    jangan khawatir.. filenya enggak besar kok :) karena cuma plug-ins.

3. Setelah diinstall, kembali ke Winamp dan tekan tombol "Ctrl + p" di keyboard, untuk memunculkan jendela "Winamp Preferences", kemudian pilih tab "Plug-ins" dan plih "Visualization" pada tree dibawahnya. Jika plug ins sudah ter install dengan benar maka akan muncul sebuah plug-in bernama "Joseph's DkE Lyrics plugin!!! v1.0b [visJDkElyric.dll]". klik plug-in tersebut untuk menampilkan jendela visualisasi lirik di winamp.


4. Kemudian plih tab "Plug-ins", beri tanda check list / centang pada "Auto execute visualization plug-in on playback". Maksud settingan ini supaya plug-ins tersebut berjalan otomatis setiap kali lagu diputar untuk menampilkan jendela liriknya.


5. Pada tahap ini, sebenarnya kita sudah selesai, kita hanya perlu memutar salah satu lagu di daftar winamp, kemudian jendela visualisasi lirik tersebut akan muncul. nah untuk memunculkan lirik lagunya, kita memerlukan sebuah file berekstensi *.LRC. yang didalamnya berisi lirik lagu tersebut.
ada banyak situs yang menyediakannya, googling aja. rata-rata file *.lrc berukuran beberapa kilobyte.

setelah kamu memiliki file tersebut yang sesuai dengan lagunya tentunya, kamu hanya perlu memberikan nama file tersebut sesuai dengan nama file lagu/mp3 nya, tapi ekstensionnya jangan di ubah, tetap *.lrc. dan letakkan file tersebut kedalam folder yang sama dimana file lagu/mp3 nya berada.

Tapi terkadang jika timing liriknya tidak sesuai dengan lagu/mp3 koleksimu, atau jika kamu tidak menemukan file *.lrc dari lagu favoritmu. kamu juga bisa kok membuat sendiri file *.lrc tersebut.
caranya bagaimana, akan saya jelaskan pada postingan saya yang berikutnya.

Semoga postingan ini bermanfaat. sekarang saya mau istirahat dulu. sampai jumpa. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar